Live Chat
Bila anda belum memiliki aplikasi Yahoo Messenger, Silakan Download disini

Mengenal jenis-jenis Kamera CCTV

 Mengenal Berbagai Jenis Kamera CCTV

 

Kamera CCTV, seperti yang kita telah ketahui merupakan alat yang digunakan untuk memonitoring. Untuk dapat mengetahui kamera CCTV yang sesuai dengan kebutuhan anda, di artikel kali ini kami akan membahas mengenai jenis-jenis kamera CCTV yang ada.

 

1.    Dome Camera

Sesuai dengan namanya - Dome Camera - kamera ini berbentuk seperti kubah. Designnya yang simple menjadikannya jenis kamera yang paling popular dan sering digunakan dalam pemasangan CCTV, karena kamera ini relatif sangat mudah untuk dipasang.

Posisi mata kamera yang tidak terlihat karena tehalang oleh lapisan dome, membuat orang tidak dapat mengetahui arah mana yang sedang disorot oleh kamera tersebut.

Kamera jenis ini cocok digunakan untuk pemasangan di dalam ruang, baik di dalam rumah ataupun di ruang kantor.

 

2.    Standard Box Camera

Berbentuk seperti kotak, kamera ini sering digunakan untuk pemasangan baik indoor maupun outdoor. Jenis kamera ini bisa juga digunakan untuk kebutuhan surveillance jarak jauh. Apabila pemasangan di outdoor dengan posisi yang bisa di jangkau oleh tangan, sebaiknya di tambahkan sebuah pelindung, sehingga dapat mencegah pengrusakan terhadap kamera tersebut.

 

3.    Vandal Proof Camera

Vandal proof camera berarti kamera tersebut anti pengrusakan. Dibuat dengan bahan yang di rancang khusus untuk dapat melindungi kamera dari benturan. Cocok untuk pemasangan di indoor.

 

4.    Waterproof Camera

Kamera ini biasanya untuk pemasangan outdoor. Berbentuk bullet camera – kamera yang bentuknya seperti peluru. Design casingnya dirancang khusus agar dapat menahan air hujan, debu, dan temperatur yang extreme.

 

5.    Infra Red Camera

Tingkat pencahayaan yang kurang di malam hari menyebabkan perlunya pemasangan kamera yang menggunakan Infra Red. Semakin banyak titik infra red di dalam kamera, maka akan semakin jelas pencitraan gambar yang ditangkap oleh kamera.

 

6.    PTZ Camera / Speed Dome Camera

Speed Dome Camera adalah kamera serba lengkap yang memiliki lensa zoom hingga puluhan kali dan mekanisme pan tilt berupa motorservo yang gerakannya halus. Reeiver telemetrynya sudah di tempatkan di dalam (built-in).

 

7.    IP Camera

Kamera yang mengirimkan discrete streaming video melalui kabel UTP. Umumnya dilengkapi dengan IP Address. Dengan adanya IP Camera, kita dapat langsung mengakses hasil rekaman melalui jaringan LAN/WAN tanpa harus menggunakan tambahan converter.

 

8.    Covert Camera / Hidden Camera

Sesuai dengan namanya, kamera ini merupakan kamera CCTV yang dimaksudkan untuk penggunaan yang tersembunyi, agar orang-orang tidak mengetahui keberadaan kamera tersebut. Bentuknya bermacam-macam, ada yang seperti smoke detector, jam dinding, lampu, bahkan pemancar air. 

Comments
Only registered users can leave comments.
Comment text: